Contact Us: +62 21 750 2345 - gasi.csr@ptgasi.co.id

GASI SEMINAR SYLLABUS

 “Alihdaya Penggajian Sebagai Solusi Terhandal Menjawab Semua Masalah Penggajian”

♦      SASARAN SEMINAR

Penggajian bukan hanya sekedar menangani pembayaran gaji dan membagikan slip gaji kepada Karyawan secara tepat waktu. Penggajian memerlukan pencatatan seluruh data secara akurat, menghitung dan membayar pajak penggajian secara benar, dan berkomunikasi secara efektif dengan para karyawan.

Segudang permasalahan yang harus dihadapi hampir setiap Manajemen Perusahaan terkait pengelolaan penggajian :

  1. Tuntutan kerahasiaan data penggajian.
  2. Ketergantungan pada keterbatasan personalia pengelola penggajian.
  3. Keterlambatan perolehan data masukan penggajian akibat data tidak terintegrasi.
  4. Tekanan batasan waktu pemrosesan data penggajian.
  5. Mekanisme kontrol terkait batasan kewenangan pengelolaan penggajian.
  6. Investasi tinggi untuk infrastruktur pengelolaan penggajian termasuk biaya perangkat keras, biaya aplikasi, biaya teknologi yang terus berubah, dan biaya personalia pendukung.
  7. Tuntutan literasi teknologi yang dipakai untuk mengoptimalkan kontrol atas data dan meminimalkan kebocoran data.
  8. Perhitungan pajak yang kompleks dan berubah-ubah.
  9. Dan lain-lain daftar panjang keruwetan pengelolaan penggajian.

Pada hakekatnya pengelolaan penggajian itu sendiri dapat dibagi dalam beberapa pilihan pendekatan, yaitu:

  1. Secara mandiri dengan menggunakan aplikasi secara manual seperti Excel.
  2. Secara mandiri dengan membeli dan menggunakan aplikasi penggajian siap pakai.
  3. Secara mandiri menggunakan aplikasi penggajian yang dikembangkan sendiri.
  4. Dengan pendekatan alihdaya penggajian.

Pilihan pertama dapat dilakukan untuk menghitung pajak secara mudah dan cepat untuk perusahaan dengan jumlah karyawan yang terbatas dan dengan system penggajian yang tidak terlalu kompleks.  Sisi positif pilihan pertama ini adalah tidak memerlukan investasi awal yang tinggi, karena cukup dengan investasi awal pengadaan aplikasi Excel. Implementasipun relatif mudah dan cepat dapat diwujudkan. Namun tantangan yang akan selalu dihadapi dengan pilihan pertama ini terutama adalah tidak terintegrasinya data, dan tidak terintegrasinya pelaporan bulanan serta akhir tahun, dan lemahnya penjagaan terhadap kerahasiaan data.

Pilihan kedua yaitu pilihan secara mandiri menggunakan dengan membeli aplikasi penggajian siap pakai, adalah pilihan dengan investasi awal yang lebih mahal dibanding pilihan lain. Tantangan lain yang terberat untuk pilihan kedua ini adalah perusahaan harus memperbaharui aplikasi setiap kali peraturan pajak berubah dan setiap kali lisensi aplikasi berakhir. Namun demikian, pilihan kedua ini secara umum memungkinkan penyimpanan data lebih terintegrasi, dan mampu menghitung pajak lebih akurat, serta membuat pelaporan secara terintegrasi.  Selain itu, dibanding pilihan pertama dan ketiga, pilihan kedua ini juga lebih menjamin kerahasiaan data.

Pilihan ketiga yaitu pilihan secara mandiri menggunakan aplikasi penggajian yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan dengan memanfaatkan programmer internal. Keuntungan pilihan penggajian ini selain kemandirian kepemilikan aplikasi, juga secara umum dapat menghitung pajak dengan benar dan membuat pelaporan secara terintegrasi.  Kelemahannya adalah tuntutan kesiapan serta kapasitas programmer internal yang harus tersedia setiap waktu hadapi  peraturan pajak yang terus berubah dan hadapi kebutuhan fitur pengelolaan penggajian yang terus menerus berkembang.  Kelemahan lain adalah kesulitan menjaga kerahasiaan data penggajian karena lebih banyak orang terlibat dalam pembuatan dan pengoperasian aplikasi penggajian.

Pilihan keempat yaitu pendekatan alihdaya penggajian adalah pilihan yang terlihat cenderung makin disukai terutama karena secara umum pilihan ini menjawab kelemahan pilihan lain serta menjanjikan keunggulan manfaat dibanding pilihan lain. Hal paling positif pilihan keempat adalah perusahaan tidak perlu lagi alokasikan waktu dan fokus perhatian pada aspek administratif pengelolaan penggajian. Kapasitas waktu manajemen yang memang terbatas dan mahal, lebih banyak dapat dialokasikan kepada bisnis inti dan hal stratejik serta penting lainnya. Tantangan pilihan ini adalah pemilihan penyelenggara alihdaya penggajian yang memiliki seluruh prasyarat atribut yang diperlukan, serta kesiapan manajemen perusahaan mengadopsi pola pikir moderat aplikasikan alihdaya penggajian.

Seminar ini bertujuan memberikan pemahaman perihal empat (4) pilihan pendekatan pengelolaan penggajian; serta pertimbangan penempatan pilihan pendekatan alihdaya penggajian sebagai pilihan pendekatan pengelolaan penggajian yang paling efektif dan efisien serta paling handal menjwab seluruh masalah penggajian.

♦      PRASYARAT SEMINAR

Masing-masing peserta seminar dapat bergabung mengikuti seminar tanpa membutuhkan prasyarat atau pengetahuan khusus.

♦      KANDUNGAN SEMINAR

⇒    Pemahaman Tentang Alihdaya Penggajian

  1. Pendahuluan
  2. Empat (4)  Pilihan Pengelolaan Penggajian: Pilihan Pengelolaan Manual, Pilihan Pengelolaan Menggunakan Aplikasi Siap Pakai, Pilihan Pengelolaan Mandiri Menggunakan Aplikasi Buatan Sendiri, Pilihan Alihdaya Penggajian.
  3. Trend Alihdaya Penggajian.
  4. Kelaziman Cakupan Layanan Alihdaya Penggajian.
  5. Struktur Biaya Alihdaya Penggajian.
  6. Mengapa Perusahaan Lakukan Alihdaya Penggajian?
  7. Bilamana Feasible Bagi Perusahaan Menggunakan Alihdaya Penggajian?

⇒    Atribut Terpenting Dalam  Profil Penyedia Jasa Alihdaya Penggajian

  1. Stabilitas Organisasi & Manajemen & Mekanime Kerja & The Man Behind The Gun.
  2. Literasi Penggajian & Pajak.
  3. Kelengkapan Infrastruktur Penggajian: Perangkat Keras & Perangkat Lunak & Personel.
  4. Literasi & Kapasitas & Kemandirian Teknologi.
  5. Fleksibilitas Struktur Biaya.
  6. Kesinambungan Layanan Terkait Disaster.
  7. Jaminan Terkait Penghentian Kontrak.
  8. Checklist Lengkap Profil Ideal Penyedia Jasa Alihdaya Penggajian.

⇒    Komponen-Komponen Biaya Di Dalam Pilihan Pendekatan Alihdaya Penggajian Serta Perbandingannya Dengan Komponen-Komponen Biaya Di Dalam Pilihan Pendekatan Pengelolaan Gaji Lain.

⇒    Justifikasi Keputusan Alihdaya Pengelolaan Penggajian

♦      METODE SEMINAR

Seminar ini dirancang untuk interaktif. Sebagaimana penekanan kata tersebut, seminar ini tidak hanya sekedar kuliah semata. Melainkan, para peserta akan secara aktif terlibat di dalam diskusi.

♦      DURASI SEMINAR

Satu (1) hari.

Back to Top