DATA TAMBAHAN UNTUK E-FILING BARU TERKAIT DENGAN PER03/PJ/2015

Terkait dengan terbitnya PER Dirjen Pajak No. 03/PJ/2015 Tanggal 13 Februari 2015, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengganti aplikasi e-Filing lama ke e-Filing baru yang telah disesuaikan dengan PER tersebut mulai Januari 2016. Untuk penggunaan e-Filing baru akan dilakukan proses registrasi Digital Certificate (DC) ulang.

Untuk proses registrasi DC di e-Filing yang baru secara aplikasi / sistem oleh DJP telah disesuaikan dengan pasal 2 ayat 1 dan lampiran C nomor 1 huruf a, b PER tersebut. Dimana setiap wajib pajak (NPWP) baik kantor pusat maupun kantor cabang diwajibkan menyediakan alamat Email masing-masing dan NPWP satu dengan yang lain alamat Email tidak boleh sama. Alamat Email tersebut akan digunakan oleh DJP untuk mengirim Bukti Penerimaan Elektronik (BPE).

Hal ini juga dipertegas dengan surat tanggapan dari Direktur Transformasi Teknologi Komunikasi dan informasi DJP Pusat nomor S-295/PJ.12/2015 Tanggal 6 November 2015. Dimana bagi wajib pajak diminta menyediakan alamat Email yang berbeda, sebagai contoh:

  1. Apabila menggunakan Email public (yahoo, gmail, ymail) contoh: pusat@yahoo.com, cabang1@gmail.com, cabang2@ymail.com dan seterusnya.
  2. Apabila menggunakan Email corporate contoh: pusat@ptdumy.co.id, cabane1@ptdumy.co.id dan seterusnya.

Sehubungan dengan hal tersebut maka:

  1. Vendor e-Filing akan mengirim Email ke pelanggan, data yang harus dilengkapi yaitu: Nama Direktur, NPWP Direktur, Jabatan, Alamat Email, Nomor Handphone.
  2. Bagi Pelanggan yang telah mengirim data namun alamat Email masih sama / ada yang sama antara NPWP satu dengan lainnya, diminta untuk merevisi masing-masing NPWP menyediakan alamat Email yang berbeda.
  3. Bagi Pelanggan yang telah mengirim data, namun sebagian data masih kosong, diminta untuk melengkapi data tersebut.

Sumber :

www.pbtaxand.com/uploads/regulations/PER_03_PJ_2015.pdf

http://www.ortax.org/ortax/?mod=aturan&page=show&id=15693

http://www.pajak.go.id/content/peraturan-dirjen-pajak-nomor-03pj2014

Info lebih lanjut untuk rujukan lebih lengkap / rinci terkait Newsletter GASI NL-059-0216 dapat Bapak/Ibu akses melalui:

GASI Website : https://www.ptgasi.co.id
GASI Facebook Account : https://www.facebook.com/pages/PT-Gunatronikatama-Cipta-GASI/1447557985513081?
GASI Linkedin Account : https://www.linkedin.com/company/pt-gunatronikatama-cipta-gasi-?
GASI Twitter Account : https://twitter.com/PTGASI